Jumat, 07 November 2014

Macam - Macam dan Bentuk - Bentuk Perusahaan



FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN UNTUK MEMILIH BENTUK BADAN USAHA YANG AKAN DIDIRIKAN
Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mendirikan badan usaha teruama berkaitan dengan visi dan misi badan usaha yang bersangkutan. Pertimbangan-pertimbangan yang dimaksud adalah sebagai berikut. :
a. Modal yang diperlukan
Apabila badan usaha yang akan didirikan memerlukan modal yang tidak terlalu banyak, sebaiknya dipilih badan usaha perorangan. Sebaliknya, apabila badan usaha yang didirikan memerlukan modal dalam jumlah sangat besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT). Pada badan usaha berbentuk PT Anda dapat memperoleh modal dengan menjual saham kepada pihak lain.
Modal dibedakan menjadi 2 berdasarkan dari sumbernya :

1.      Modal Intern yaitu modal yang berasal dari pemilik perusahaan.

2.      Modal Ekstern yaitu modal yang berasal dari pihak luar perusahaan dengan konsekuensi perusahaan akan menanggung bunga pinjaman
Modal tersebut.- Macam modal berdasarkan sifatnya :
1.      Modal Lancar yaitu modal yang habis pakai setelah prosesproduksi. Contoh : Bahan Bakar.
2.      Modal Tetap yaitu modal yang dapat dipergunakan berkali-kalidalam proses produksi. Contoh : Mesin produksi, gedung, dan pabrik.
Macam modal berdasarkan pemiliknya :
1.      Modal Perorangan (Private Modal) yaitu modal yang dimilikioleh seseorang dan dapat memberikan keuntungan kepadapemiliknya. Contoh : Investasi di Bank dan KepemilikanSaham.
2.      Modal Masyarakat (Social Modal) yaitu modal yang dimilikioleh masyarakat dan digunakan oleh secara bersama-sama.
Macam modal berdasarkan bentuknya :
1.      Modal Nyata yaitu modal yang berbentuk uang / barang dandigunakan dalam kegiatan produksi. Contoh : Masjid, jalanraya, balai desa, telepon umum, dll.
b. Bidang usaha/kegiatannya
Apabila badan usaha yang akan didirikan berfokus pada kegiatan bidang perdagangan atau jasa, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Namun, apabila badan usaha yang akan didirikan bergerak di bidang industri yang membutuhkan modal besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha PT
c. Tingkat risiko yang dihadapi
Apabila badan usaha yang akan didirikan mempunyai kemungkinan risiko kecil, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Namun apabila badan usaha yang akan didirikan mempunyai resiko cukup besar, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha PT.
d. Undang-undang dan peraturan pemerintah
Penentuan bentuk badan usaha perlu disesuaikan dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kegiatan badan usaha tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dan peraturan pemerinah.
e. Cara pembagian keuntungan
Pembagian keuntungan adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bentuk badan usaha. Apabila mengharapkan keuntungan dapat dinikmati sendiri, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha perseorangan. Sebaliknya, apabila keuntungan ingin dinikmati secara bersama-sama, sebaiknya dipilih bentuk badan usaha persekutuan atau PT.
 
ALASAN PERUSAHAAN PERSEORANGAN LEBIH MEMILIH KE BENTUK PERUSAHAAN PERSEROAN TERBATAS
            Saat ini banyak bentuk perusahaan perorangan yang beralih atau merubah bentuk perusahaannya kebentuk  usaha Perseroan Terbatas (PT) karena berbagai macam alasan, di antaranya sebagai berikut:
o       Perseroan terbatas sebagai badan hukum dirasakan lebih menjaga keamanan pengusaha
o       Lingkup kegiatan usaha bertaraf internasional
o        Merupakan usaha besar dengan jumlah modal dan tenaga kerja yang besar juga
o       Pemegam saham perusahaan terdiri dari badan hukum seperti  PT dan yayasan
o       Dirasakan lebih mudah untuk menjalin hubungan kerja sama dengan pihak swasta atau pemerintah
o       Kekayaan para pendiri atau pemegang saham terpisah dengan kekayaan perusahaan
o       Pemilik modal hanya ingin menanamkan modal dan tidak terlibat dalam kegiatan usaha
o       Memiliki jati diri yang jelas dengan nama perusahaan yang tidak sama dengan nama PT yang lain
o       PT lebih populer dikalangan pembisnis di Indonesia
o       Pemakaian nama perseroan terbatas dilindungi oleh undang-undang
Adapun kelebihan dari Perseroan Terbatas (PT) antara lain :
o       Tanggung jawab yang terbatas dari para pemegang saham terhadap utang-utang perusahaan. Maksudnya adalah jika anda termasuk pemegang sahamdan kebetulan perusahaan punya utang, anda hanya bertanggung jawabsebesar modal yang anda setorkan dan tidak lebih.
o       Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin, sebabtidak tergantung pada beberapa pemilik. Pemilik dapat berganti-ganti.
o       Mudah untuk memindahkan hak milik dengan menjual saham kepadaorang lain.
o       Mudah memperoleh tambahan modal untuk memperluas volumeusahanya, misalnya dengan mengeluarkan saham baru.
o       Manajemen dan spesialisasinya memungkinkan pengelolaan sumber-sumber modal untuk itu secara efisien. Jadi jika anda mempunyai manajer tidak cakap, anda bisa ganti dengan yang lebih cakap.
Kelemahan  Perseroan  Terbatas  :
o       PT merupakan subyek pajak tersendiri. Jadi tidak hanya perusahaan yangterkena pajak. Dividen atau laba bersih yang dibagikan kepada para pemegang saham dikenakan pajak lagi sebagai pajak pendapatan.Tentunya dari pemegang saham yang bersangkutan.
o       Jika anda akan mendirikan perseroan terbatas, pendiriannya jauh lebihsulit dari bentuk kepemilikan usaha lainnya. Dalam pendiriannya, PTmemerlukan akte notaris dan ijin khusus untuk usaha tertentu.
o       Biaya pembentukannya relatif tinggi.
o       Bagi sebagian besar orang, PT dianggap kurang “secret” dalam hal dapur  perusahaan. Hal ini disebabkan karena segala aktivitas perusahaan harusdilaporkan kepada pemegang saham. Apalagi yang menyangkut laba perusahaan
ALASAN BENTUK KOPERASI COCOK DENGAN
BENTUK USAHA RAKYAT INDONESIA



Koperasi adalah bentuk usaha yang cocok untuk rakyat Indonesia koperasi berazaskan kekeluargaan dan tujuan dari koperasi itu sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur dan berlandaskan pancasila dan UUD 1995.

      Koperasi merupakan saka guru perekonomian nasional, sehingga dalam kehidupan perekonomian nasional, dalam kehidupan ekonomi bangsa Indonesia koperasi sangat penting, koperasi mempunyai peranan yang sangat penting , khususnya bagi para anggotanya, yaitu:
  1. Koperasi membantu para anggotanya dalam meningkatkan penghasilan.
  2. Koperasi menciptakan lapangan kerja
  3. Koperasi ikut meningkatkan taraf hidup rakyat
  4. Koperasi ikut meningkatkan tingkat pendidikan rakyat.
Kedudukan dan peranan koperasi sangat penting lebih lagi bagi masyarakat pedesaan dan petani. Di dalam pembangunan segenap kemampuan modal dan sumber-sumber yang ada harus dimanfaatkan.

      Usaha ini harus sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah untuk membantu dan meningkatkan kemampuan golongan yang berpenghasilan rendah. Usaha koperasi merupakan suatu usaha yang sangat sesuai, oleh karena itu koperasi perlu ditingkatkan bagi kelompok-kelompok masyarakat yang berpengahsilan rendah.
Koperasi akan dapat pula membantu pengusaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya.Dalam pembangunan Nasional perhatian utama ditunjukan pada pembinaan koperasi dibidang peningkatan produksi pangan.

Dari uraian diatas, dapat disimpulan antara lain sebagai berikut:
  1. Dengan didirikanya koperasi berarti kita telah mewujudkan sikap kekeluargaan dengan orang lain.
  2. Koperasi memang untuk kesejahteraan bersama.
  3. Hasil usaha dapat disalurkan melalui koperasi
  4. Koperasi membantu para anggotanya dalam meningkatkan penghasilan.
  5. Koperasi menciptakan lapangan kerja 
  6. Koperasi ikut meningkatkan taraf hidup rakyat
  7. Koperasi ikut meningkatkan tingkat pendidikan rakyat.
BENTUK USAHA YANG SEDANG MAJU SAAT INI
  1. Bisnis Warnet
Warung internet (warnet)/internet cafe/cyber cafe adalah sebuah tempat yang menyediakan akses infrastruktur internet dengan sistem berbagi koneksi (shared connection) oleh lebih dari satu  perangkat akses (PC) sehingga pengguna bisa mengakses internet dengan biaya yang lebih murah.
  1. Usaha Kuliner
Usaha Kuliner merupakan usaha rumah tangga yang sudah banyak di Indonesia. Untuk dapat bersaing dengan usaha kuliner lain maka harus menciptakan produk makanan yang lezat, murah, menarik dan kreatif. Contohnya keripik kulit pisang, permen kulit jeruk, mie pelangi, keripik kangkung dll.
  1. Bisnis Fashion
Seperti halnya usaha kuliner, bisnis fashion sudah banyak berkembang di indonesia. Desain yang inovatif dan kreatif menjadi kekuatan dalam bersaing dengan usaha fashion lain. Contohnya: membuat desain kerudung yang mampu menciptakan 8 gaya, jam yang bisa diganti jenis talinya dll.
  1. Bisnis Gadget terbaru
      Di Indonesia, pengguna mobile gadget, terutama handphone dan komputer tablet terus mengalami peningkatan. Bahkan banak masyarakat yang memiliki ponsel lebih dari satu. Nampaknya dalam lima atau sepuluh tahun mendatang, bisnis ini takkan pernah sepi, apa lagi terobosan dalam dunia teknologi terus berkembang. Oleh karena itu, anda yang memiliki modal menengah (10-20 juta) bisa mulai terjun dalam bisnis ini. Sementara bila modal anda masih kecil, anda bisa berbisnis pada segmen pendukungnya, misalnya menjual pulsa dan assesorisnya.
  1. Bisnis Spare Part Kendaraan
Negara Indonesia menjadi salah satu negara yang pemakai kendaraan bermotor terbanyak di Asia. Tiap tahunnya, jutaan kendaraan, baik roda dua dan roda empat dirakit dan diimport dari Jepang, Jerman, Inggris, China, India, dan lainnya. Kini, banyak rumah tangga yang memiliki kendaraan lebih dari satu. Hal itulah alasan mengapa terjun ke dalam bisnis penjualan spare part menjadi sangat menjanjikan. Dengan modal 20-30 juta rupiah, anda pasti sudah dapat memulai bisnis ini walaupun dalam skala kecil. Jika anda punya SDM yang memahami tentang otomotif, tentu dapat menjadi nilai tambah bagi kompetisi bisnis anda..
  1. Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal
Futsal merupakan salah satu olah raga yang populer di kalangan masyarakat. Kendati cara memainkannya mirip dengan sepak bola, olah raga ini memiliki beberapa kelebihan yaitu tak membutuhkan lapangan yang terlampau luas dan arena berada di ruangan tertutup (indoor). Tak heran, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menggemari olah raga ini. Seiring makin populernya futsal di mata masyarakat, jumlah lapangan futsal pun tumbuh bak jamur dimusim penghujan. Banyak pelaku usaha membuka pelaku usaha membuka arena futsal di berbagai tempat, mulai dari permukiman padat penduduk, daerah sekitar kampus, hingga kawasan perkantoran.Tak heran, persaingan di bisnis ini pun kian sengit. Pelaku usaha berlomba-lomba menawarkan fasilitas prima a.l. harga sewa terjangkau, alas lapangan standar tinggi, dan fasilitas home theater. Tujuan sama yakni demi menarik perhatian konsumen.
Referensi :
http://kusaiguru.blogspot.com/2011/03/6-pertimbangan-bentuk-badan-usaha.html
http://makinkayadengansedekah.blogspot.com/2014/06/faktor-faktor-yang-menjadi-pertimbangan.html
http://noviamandalasari-noviapunya.blogspot.com/2013/10/bidang-usaha-yang-sedang-berkembang.html
http://koperasiuntukindonesia.blogspot.com/2011/02/mengapa-kita-perlu-berkoperasi.html
http://m.bisnis.com/tips-bisnis/read/20140815/263/250194/peluang-usaha-bisnis-lapangan-futsal-kian-nendang
http://www.billing-xpress.com/memulai-bisnis-warnet-dan-game-center-sendiri/
Dikerjakan Oleh :

- Hadhi Dharmaputra                24214648
- Ferdina Fitra Fansyah             24214162
- Syahrul Muhammad Noor      2A214583
- Irwan Saputra                        25214482
- Renaldi Haditiatmadja            29214026
- Didik Nur Prasetyo                23214060

Tidak ada komentar:

Posting Komentar