A.
Manajemen
Pemasaran sering disebut dengan Manajemen Permintaan
Manajemen pemasaran adalah suatu analisis,perencanaan,implementasi,dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli
untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi,oleh karena itu manajemen
pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
B.
Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan
Kebutuhan
Kebutuhan adalah salah satu aspek
psikologis yang
menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi
dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan
tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari
kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam
kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan
kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan
agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin
tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi.
Dengan kata lain Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh
manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada di
antara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa
tidak sejahtera atau kurang sejahtera.
Keinginan
Keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan
dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila
keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak
berkurang.
C.
Perbedaan
Pasar dan Pemasaram
Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau lebih
jelasnya, daerah, tempat, wilayah,area yang mengandung kekuatan
permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk harga.
Pemasaran adalah proses perpindahan barang dan/atau jasa dari produsen
kekonsumen atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang
dan/atau jasa dari produsen ke konsumen
D.
Bauran
Pemasaran
Bauran pemasaran
atau marketing mix adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran
yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai
tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. Dalam bukunya, Sofjan Assauri
mendefinisikan bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang
merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana yang dapat dikendalikan
oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. Jadi,
bauran pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan
digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar
sasarannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar